Pengikut

Kamis, 30 April 2020

Berbagi pengalaman menulis buku motivasi & kepemimpinan

Resume
Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang 7 bersama Om Jay pada siang hari ini tanggal 30 April 2020 Pukul 13.00 s.d 15.00.

Narasumber: Amir Faisal
Tema: Berbagi Pengalaman Menulis Buku Motivasi & Kepemimpinan


Pada siang hari ini tanggal 30 April 2020 pertemuan belajar menulis online gelombang ke 7 dengan narasumber bapak Amir Faisal bertemakan berbagi pengalaman menulis buku motivasi & kepemimpinan.

Pertanyaan 5

Salam

Buku diterbitkan gramedia yg notabene penerbit besar adalah dambaan byk orang. Sbg penulis pemula, mungkinkah buku saya diterbitkan gramedia? Bagaimanakah trik agar buku kita dilirik penerbit besar? Terima kasih.

Nasihat dari mentor saya hari ini dari bapak  Amir Faisal ketika awal menulis buku, selalu menjadi pengingat dan motivasi kala sedang  kurang bersemangat menulis.

Sebagian dari kita tujuan dari menulis untuk menghasilkan karya berupa buku. Kenapa?  karena dengan memiliki buku sendiri ada kepuasan batin yang tidak ternilai dengan uang. Bisa dibayangkan berapa energi yang keluar untuk menghasilkan sebuah naskah, mulai dari mencari ide, referensi, berkorban waktu untuk menulis sampai mencari penerbit yang cocok dengan tema tulisan yang dibuat. Persoalan peminat banyak membeli atau tidak itu urusan yang lain.

Naskah buku yang diselesaikan dengan waktu yang lama, menyisakan satu tahap lagi yakni mencarikan "jodoh penerbit" yang tepat.  Karena tidak semua penerbit bisa menerbitkan buku dengan tema tertentu.

Mereka memiliki katagori buku yang akan dicetak sendiri  tentu dengan hitung hitungan potensi penjualan bisa laku atau tidak.

Maka penulis pemula kita dituntut untuk lihai melihat segmen apa yang dibutuhkan penerbit.  Mencari tahu jenis buku apa yang diterbitkan oleh penerbit dengan melihat buku yang diterbitkan.

Selain aktif melihat hasil terbitkan, kita bisa juga menanyakan langsung ke penerbitnya melalui media sosial.  Maka, perbanyak berteman dan follow dengan penulis, editor, dan penerbit perlu juga.

Dengan mengikuti sosial media nya kita akan lebih update informasi jenis buku yang mereka butuhkan. Selain itu tawarkanlah naskah buku kita yang telah selesai.

Biasanya kita diminta untuk mengirim langsung ke alamat email penerbit dan diminta menunggu paling lama 3 bulan untuk evaluasi naskah diterima atau ditolak.

Bila naskah diterima dan ditawarkan untuk diterbitkan maka sisa menunggu surat perjanjian kerja sama penerbitan. Namun bila ditolak maka bersiap siaplah mencari jodoh penerbit yang lain. Jangan menyerah bila penerbit pertama yang menolak itu bukan berarti tulisan nya jelek.

Seringkali penerbit menolak karena memang belum memprioritaskan naskah untuk segera diterbitkan, atau boleh jadi ada naskah yang sejenis yang duluan masuk dan sudah siap diterbitkan.

Penjelasannya nanti di Youtube 2

Sedikit tambahan :
Buku Menyiapkan Anak Jadi Juara itu terinspirasi :
1⃣ Ketika saya memberikan Motivasi pada anak-anak sekolah, saya merasa ada sesuatu yang salah. Seharusnya Motivator anak-anak ya Gurunya sendiri.
Apalah artinya kehadiran diri saya yang hanya 4 - 5 jam,  dibanding para guru yang membimbing selama 3 tahun

2⃣Saya membandingkan kedua anak saya,  yang kebetulan yang satu di SMP favorit dan lainnya di SMA runner up

Pertanyaan bonus

Assalamualaikum bapak,,saya noralia dari Semarang,,
Saya mau bertanya, apakah ada tips tertentu agar diterima di penerbit skala nasional seperti Gramedia jika kita tidak menulis genre buku sesuai buku yang diminati, seperti novel, komik dan buku motivasi?
Karena memang saya kurang mahir untuk menuliskan buku2 tersebut. Terimakasih

Pertemuan hari dengan bapak Amir Faisal hari ini sangat menyenangkan banyak trik trik dan pengalaman beliau dikeluarkan hari ini dan sangat bermanfaat bagi saya peserta menulis.

Edi syahputra.H S.Pd
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https://edsamatra.blogspot.com

1 komentar: