Pengikut

Minggu, 12 April 2020

KUNCI SUKSES JADI GUPRES

Resume
Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang 7 bersama Om Jay
Nara sumber: Bapak Encon Rahman Guru berprestasi dari Pasundan Tahun 2017
Tema: Kunci Sukses Jadi Gupres
Bapak Encon Rahman adalah selain guru berprestasi juga beliau Penerima penghargaan dari PCMA.

Pada sisi lain pemerintah selalu mengadakan lomba gupres baik dari tingkat jenjang satuan pendidikan TK, SD, SMP, SMA diantaranya memiliki tujuan.
1. Mengangkat guru sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi
2. Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya
3. Meningkatkan persaingan yang sehat selalu pemberian penghargaan di bidang pendidikan
4. Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran menuju standar nasional pendidikan.

Sebagaimana kita ketahui di dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi.

Apabila guru tidak memiliki ranah 7M ini maka akan menjadi pertanyaan besar karena guru adalah seorang profesional

Adapun yang dimaksud dengan 7 M adalah
Mendidik
Membimbing
Mengarahkan kan
Melatih
Menilai
Mengajar
Mengevaluasi

Beliau adalah seorang guru SD yang punya segudang Prestasi, bapak Encom Rahman juga seorang penulis buku, judul buku yang ditulis beliau adalah Kiat Praktis Menulis "Siapa Bilang Menulis Artikel untuk Koran Susah"

Ada beberapa materi yang dibahas di dalamnya;
1. Cara menulis Judul Artikel agar menarik
2. Kiat Meningkatkan Kemampuan Menulis
3. Cara Menggali Ide tulisan
4.Rahasia Agar Artikel Gampang dimuat di koran lokal dan nasional
5. Cara Menulis Berita
6. Rahasia Menjadi Kaya dalam Menulis.

Buku yang ditulis oleh Bapak Encon Rahman berisi tentang pengalaman beliau menulis artikel ke berbagai koran/ majalah lokal dan nasional agar bisa dimuat. Selain itu paparan isi buku beliau lebih fokus membahas tentang artikel strategi menulis artikel berdasarkan pengalaman nyata yang pernah beliau alami.

Motto buku beliau :
* jika ingin kaya belajar dan bergaul dengan orang orang kaya.  Jika ingin sukses belajar dan bergaul dengan orang sukses. Jika ingin menjadi kiai belajar dan bergaul dengan kiai. Jika ingin pandai menulis artikel belajar dan bergaul dengan orang yang menulis artikel. Itu lah motto bapak Encom Rahman maka nya beliau bisa meraih guru berprestasi dan segudang penghargaan, bukan kah kita semua Guru yang ada diseluruh pelosok Nusantara ingin seperti beliau.

Berkat menulis hanya 1% sedangkan 99% latihan. Oleh karena itu, keterampilan menulis dapat dilakukan dengan oleh siapapun.
Nah, ketika anda kesulitan menuangkan tulisan. Anda butuh bengkel menulis untuk konsultasi memperbaikinya, itu pesan beliu kepada kita semua Guru.

Untuk menjadi guru berprestasi saran beliau kepada kita semua Guru bagi yang ingin berprestasi jangan tergesa gesa karena bukan saja tidak akan jadi pemenang juga hanya menghabiskan waktu dan biaya saja, oleh karena itu untuk menjadi guru berprestasi persiapkan dengan baik diantaranya 1 karya tulis 3 tahun terakhir, dua karya tulis yang sudah memiliki hak cipta, Ketiga banyak bertanya dan belajar kepada alumni Gupres tingkat nasional.

Beliau juga mengatakan, kuliah online menulis Blog bersama Om Jay malam ini, "sebagai alumni pondok pesantren Daarut Tauhid di Bandung,  begitu ingin mengamalkan ajaran guru beliau yang menyatakan jadilah orang yang bermanfaat bagi orang lain".
Kesimpulan dari kuliah malam ini dari beliau, untuk sukses dibidang apapun tidak terlepas dari amalan lahiriyah dan bathiniyah, selain itu harus percaya diri dan yakin pada kemampuan pribadi serta jangan tergesa gesa dalam menentukan keputusan, ketenangan, kesabaran, dan keuletan adalah kunci suksesnya menjadi pemenang bukan perundang.

Beliau juga mengatakan ikut lomba lomba sejenis yang diadakan oleh Kemendikbud seperti inobel, LKG, OGN dan sejenisnya itu baru bagian terkecil dari komponen Gupres.
Berdasarkan kondisi itu, bagi bagi rekan guru yang tertarik akan mengikuti ajang lomba Gupres harus dipersiapkan sejak dini.

Edi syahputra.H
https :edsamatra.blogspot.com

4 komentar: