Pengikut

Senin, 13 April 2020

Semua orang bisa menjadi penulis Best Seller

Resume
Belajar Menulis online gelombang 7 bersama Om Jay

Tema: Semua Orang Bisa Menjadi Penulis Best Seller

Nara sumber: Bapak Wijaya Kesuma ( Om Jay)

Tanggal 11 April 2020
Pukul 19. 00 s.d 21.00

Belajar Menulis melalui WAG sampai pada materi ke 10 yang di sampaikan oleh Bapak Wijaya Kesuma atau Om Jay. Membahas tentang Meluruskan Niat Menerbitkan buku.

Beliau adalah seorang guru TIK sekaligus sebagai Dosen di STMIK Muhammadiyah Jakarta, selain sebagai guru, beliau juga sebagai motivator Trainer, Blogger, Photografer, dan juga sebagai pembicara tingkat nasional serta aktif di PGRI.

Banyak sekali prestasi yang telah diraih oleh Om Jay, goresan pena beliau pun sudah banyak di telurkannya baik melalui buku, Blogger dan youtube. Kegigihan beliau patut kita tiru.

Belajar menulis online gelombang 7 pada pertemuan ke 10 yang dipandu oleh beliau. Pertama beliau menyampaikan profil beliau serta perjalanan karir beliau dalam dunia menulis. Informasi  beliau  di share melalui bentuk PPT dan link Blog.

Saya sangat antusias membaca informasi informasi dari blog beliau karena bagi saya sangat bermamfaat apa lagi saat ini saya lagi belajar.  Benar apa yang Dikatakan orang bijak, bahwa hasil tak pernah mengkianati proses. Proses beliau luar biasa dan sangat luar biasa.

Penyampaian materi dari beliau melalui berbagai strategi baik dengan media PPT, youtube, Blog  dan pesan suara, pokoknya beliau memotivasi semua peserta yang ikut dengan kuliah beliau.

Dari keseluruhan materi yang beliau sampaikan saya dapat mengambil beberapa ringkasan sebagai berikut :

1.PROGRAM BELAJAR MENULIS DI WAG

Program yang dipimpin oleh Bapak Wijaya Kesuma selama 20 kali pertemuan ini.  Peserta tidak dipungut biaya alias gratis. Nara sumber pun orang orang hebat dan memiliki sesi atau jadwal yang telah disusun oleh beliau. Peserta juga di berlakukan mengisi absen hadi tiap kali pertemuan dan juga ada ketua kelas. Peserta dalam gelombang 7 sekitar 256 orang peserta yang ada diseluruh pelosok Nusantara. Dengan jumlah jam tatap muka 40 jam sebanyak 20 kali pertemuan, setelah selesai mengikuti materi ditugaskan kepada peserta untuk membuat Resumenya.

2. KESEMPATAN MENJADI PENULIS

Sebenarnya kita semua Guru mempunyai kesempatan untuk menjadi penulis buku Best Seller. Buku yang bisa laku di pasar Nasional maupun internasional,  asalkan isi buku tersebut menarik untuk dibaca oleh semua orang dan dapat menginspirasi para pembaca untuk mengambil pesan dan hikmah dari isi buku yang kita tulis.

Ada 7 langkah yang perlu diperhatikan agar bisa menjadi penulis adalah :
1. Ingin menjadi penulis
2.  Terus Berlatih
3.  Mulailah Menulis
4. Memotivasi diri untuk menulis
5. Pahami teknik penulisan buku
6. Kenali bahasa penulisan buku
7. Lakukan Riset menyeluruh

3. Proses Menerbitkan Buku

Dalam menerbitkan kita buku tentunya harus menyelesaikan penulisan dulu.  Kita harus membiasakan menulis.  Sesuai yang disampaikan Bapak Wijaya Kesuma disaat beliau menyampaikan materi " menulislah tiap hari dan buktikan apa yang terjadi ". Apabila menulis sudah menjadi kebiasaan kita,  maka kita akan bisa menulis dan bisa menghasilkan sebuah buku. Buku yang kita tulis bisa diterima oleh penerbit Mayor, tanpa kita harus mengeluarkan biaya untuk diterbitkan, bahkan kita penulis akan mendapatkan royalti dari penerbit.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menerbitkan buku :

A. Editing.
B. Sebelum kita kirim ke penerbit perlu kita cek dulu
C. Membuat Kata pengantar dan daftar isi.

Program menulis secara online ini memiliki target,  yaitu para peserta dapat menyusun dua buah buku.  Buku pertama isi nya Resume dari materi yang disampaikan selama pembelajaran. Buku kedua merupakan buku bebas yang ditulis oleh para peserta sesuai dengan ide masing masing.  Nah mari kita berkarya semoga buku kita diterbitkan oleh penerbit.

Edi syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https ://edsamatra.blogspot.com

1 komentar:

  1. https://www.kompasiana.com/wijayalabs/5e944fa5d541df5e1f5bbd62/semua-orang-bisa-menjadi-penulis-best-seller

    BalasHapus