Pengikut

Selasa, 07 April 2020

MENULIS TANPA IDE

MENULIS TANPA IDE




 
 
RESUME :
Pertemuan ke 9 belajar kelas menulis online gelombang 7 
Hari Selasa Tanggal 7 April 2020, pukul 19. 00 Sampai 21.00 Wib.

 Tema Kuliah :Menulis  Tanpa Ide.
Narasumber: Mas Budiman Hakim

Pernahkah kita mendengar orang ngomong " jangan tunggu  kaya lalu berterima " bersedekahlah dulu Insha Allah kita akan menjadi kaya.

Beliau juga mencontohkan orang lain yang ngomong  jangan menunggu bahagia lalu harus tersenyum.  Tersenyumlah maka kebahagian akan datang kepada mu.

Menurut beliau masih banyak lagi kalimat kalimat motivasi dengan kalimat kalimat seperti diatas sehingga kita curiga bahwa formulasi kalimat tersebut adalah rahasia kehidupan. Kenapa demikian?  karena sepanjang pengalaman menulis, kita juga menemukan rahasia cara menulis tanpa Ide. Dan setelah kita mencoba tuliskan rahasianya, ternyata formulasinya persis sama dengan formulasi kalimat di atas bunyinya begini,
" Jangan menunggu ide datang dulu baru menulis. Menulislah dulu baru ide akan datang padamu."

Sangat ajaib ya? Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa menulis tanpa ada ide?  Padahal yang paling sering kita dengar adalah, " saya mau nulis tapi belum ada ide ne "Nah menurut saya itu keliru. Ide itu gak boleh ditunggu.  Ide ini harus dipancing?  Cara mancingnya gimana?

Tuliskan semua yang kita tangkap melalui panca indera. Lalu gabungkan semua benda tadi menjadi satu kesatuan dalam beberapa kalimat. Dengan menuliskan apa yang dirasakan oleh pancaindera,tulisan tersebut akan menjadi pemicu supaya ide datang.

Seorang sahabat  beliau, Hasep Erma namanya, pernah memperaktekkan metode ini. Asep memandang ke sekeliling kamar lalu menuliskan benda benda yang ada disekitarnya benda tersebut adalah :

1. Printer
2. Kertas
3. Dinding
4.AC
5. JAM
6. LABTOB

Setelah itu Asep sudah mulai mengetik dan menyusun kalimat yang menghubungkan semua benda tadi. Dan beginilah hasilnya.

"PRINTER warna hitam di depan ku mwnungguiku kaku, ditemani KERTAS KERTAS yang berserakan disekitarnya. Aku lihat DINDING tampak pucat, barangkali kedinginan karena berjam jam disebut AC yang begitu angkuh. JAM menunjukkan pukul 2 pagi. Tapi layar layar LABTOBKU masih juga kosong,. Dan hingga detik ini, tak satupun ide bergairah menghampiriku"

Coba perhatikan, Asep mengaku belum punya ide untuk menulis tapi telah memiliki sebuah tulisan yang sangat bagus.  Itu pun Asep baru memanfaatkan indera penglihatan.  Kita masih mempunyai indera penciuman, pendengaran, pengecapan dan peraba.  Sekian dulu  resume menulis tanpa Ide dari Om Budiman.

Edi syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https://edsamatra.blogspot.com

5 komentar: