Pengikut

Kamis, 09 April 2020

SENSASI MIE KOCOK ABDYA


Sensasi Mie Kocok Abdya


Aceh Barat Daya yang ber Ibukota Blang Pidie banyak yang ditemukan warung yang menyediakan berbagai macam makanan dan minuman ringan.  Salah satu yang terkenal disana adalah Mie Kocok yang memiliki citra rasa tersendiri hampir saban hari para penjual mie kocok khas Abdya ini diserbu semua kalangan baik muda maupun tua.  Kelezatan mie ini mengoyangkan lidah yang tiada tara.

Mie berwarna kuning dan putih dimasak menggunakan adonan berupa gayung dari aluminium bertangkai kayu. Lalu di kocok kocok selama beberapa menit didalam air yang mendidih sebelum dihidangkan. Setelah tersaji, menu tersebut mie kocok. Mie Kocok ini memang mudah kita dapatkan dikabupaten Aceh Barat Daya yaitu di kota blang pidie.

Bicara mie kocok Abdya tidak terlepas dari sosok Almarhum Said Idrus pa da tahun 1960 pria ini pernah merantau ke negeri  Cina, setelah pulang dari perantauan beliau membuka warung  kuliner Mie Kocok di daerah jalan selamat Kota Blang pidie Aceh Barat Daya provinsi Aceh,.

Era 60 han Blang Pidie masih bergabung dengan Aceh Selatan pada Tahun 2002 Berpisah dari Aceh Selatan menjadi kabupaten Aceh Barat Daya, ada tiga warung menyediakan mie kocok, Warung Muslim, warung sayangan dan Warung Japaris,  dua lainnya milik   warga Tionghoa, sedang kan warung muslim milik Said Idrus seiring dengan Perjalanan waktu terus berkembang bahkan mereka membuka cabang di Losmen Muslim Jln At Taqwa.

Kemudian usaha tersebut dikelola oleh salah satu putra nya yaitu Said Tantawi, masih bertahan hingga saat ini.

Ini tulisan saya tentang sensasi Mie Kocok Aceh Barat Daya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar