Pengikut

Senin, 06 April 2020

DASAR MENULIS: KATA, KALIMAT DAN PARAGRAF

Resume  :
Belajar Menulis online gelombang 7

Judul  Materi: Dasar Menulis; Kata, Kalimat dan Paragrat.

Narasumber ; Bapak Imam Fitri Rahmadi, Beliau adalah sebagai Dosen  Universitas Pamulang, sekarang sedang ambil kuliah S3 di  Johannes Kepler Universitas Linz Austria (2019  s.d Sekarang)

Beliau juga pernah menulis  2 buku yang diterbitkan oleh Eiex media Komputindo ketika beliau masih kuliah S1 di UIN Jakarta. Pada penghunjung kuliah S2 di Universitas Negeri Jakarta. Beliau mulai tertarik untuk penulisan Akademik.

Menurut beliau semua orang bisa menulis, yang paling sederhana kita menulis di WhatsApp dan  Facebook atau menulis keterangan Photo yang kita unggah di instagram.

Tulisan bisa menggunakan  kata,Kalimat dan Paragraf sesuka kita.  Menulis secara personal memang sangat bebas tidak harus dengan satu aturan dengan penulisan tertentu. Berbeda kita dengan menulis formal  apa lagi menulis untuk keperluan akademik.terdapat berbagai kaidah baku yang harus diikuti.

Tulisan ini membahas tentang penulisan kalimat  dan penyusunan sebuah Paragraf dalam konteks penulisan personal,formal maupun akademik. Penulisan personal adalah sebagaimana kita menulis status atau menulis blog dengan gaya personal kita personal masing masing,  penulisan formal adalah digunakan oleh para jurnalis dalam menulis berita atau para Blogger profesional untuk menulis artikel populer., sedangkan penulisan akademik digunakan oleh para akademisi untuk berbagai keperluan karya ilmiah seperti makalah, laporan penelitian, atau artikel jurnal.

Beliau juga membahas ketiga konteks penulisan supaya dapat memberikan gambaran besar dan perbedaan diantara ketiganya. Pemilihan kata, penulisan kalimat dan penyusunan Paragraf merupakan hal yang paling mendasar yang perlu dipelajari supaya kita dapat menulis dengan baik. Jika hal tersebut sudah kita kuasai. Kita akan dapat membuat tulisan yang enak dibaca dan mudah dipahami sesuai dengan tujuan dan konteks penulisan kita.

Ada beberapa strategi yang dijelaskan oleh beliau dalam penulisan ini dalam hal pengalaman pribadi beliau selama belajar menulis, dan terutama ketika beliau mengikuti pelatihan bahasa Inggris untuk keperluan akademik yang biasa disebut english for akademic purpose.

Beliau berpesan kepada pembaca semoga materi yang beliau tulis ini bermanfaat bukan hanya sebagai landasan teroris tetapi juga sebagai landasan praktis, baik itu dalam gaya personal, formal maupun  akademik.


Pada kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan dasar menulis, meliputi: *pemilihan kata, penulisan kalimat, dan penyusunan paragraf.*

*Pemilihan Kata*

Perihal pilihan kata disebut dengan diksi. Antara penulisan personal, formal, dan akademik, diksi yang digunakan bisa sangat berbeda meskipun dimaksudkan untuk mengungkapkan hal yang sama. Cermati tiga kalimat di bawah ini:
_Ibu guru sedang *ngobrol-ngobrol* dengan kepala sekolah_
_Ibu guru sedang *berbicara* dengan kepala sekolah_
_Ibu guru sedang *berdiskusi* dengan kepala sekolah_
Berbeda satu kata saja dapat merubah rasa dari kalimat.


*Penulisan Kalimat*

Kalimat terdiri dari kalimat sederhana _(simple sentence),_ kalimat gabungan _(compound sentence),_ kalimat kompleks _(complex sentence),_ dan kalimat campuran.

Sederhana:
_Saya membaca tulisan di blog_

Gabungan:
_Saya membaca tulisan di blog *untuk* menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimat._

Kompleks:
_Saya membaca tulisan di blog *ketika* sedang bekerja dari rumah._

Campuran:
_Saya membaca tulisan di blog *untuk* menambah pengetahuan saya tentang cara menulis kalimat *ketika* sedang bekerja dari rumah._


*Penyusunan Paragraf*

Paragraf adalah kumpulan kalimat yang mempunyai satu kalimat topik _(topic sentence)_ sebagai ide pokok atau gagasan utama _(main idea)_ dan beberapa kalimat penjelas _(supporting sentences)_ sebagai detail yang menjelaskan ide pokok. Supaya enak dibaca dan tulisan mudah dipahami, susun paragraf deduktif.

Gunakan bentuk kalimat sederhana untuk membuat kalimat topik. Cara gampang untuk membuat kalimat topik, adalah pastikan anda meletakkan ide pengontrol atau _controlling idea_ pada setiap kalimat topik. Bentuk kalimat penjelas harus bervariasi, terdiri dari kalimat gabungan dan kompleks, serta dilengkapi dengan konjungsi sebagai transisi antar kalimat supaya paragraf mengalir dengan baik, enak dibaca, dan mudah dipahami.

Contoh paragraf yang baik:
_*Bekerja dari rumah memiliki kekurangan dan kelebihan.* *Pada satu sisi,* bekerja dari rumah menjadikan jadwal kerja tidak begitu jelas *sehingga* karyawan harus membuat jadwal jam kerja sendiri. Bekerja jadi tidak nyaman bagi yang memiliki rumah sempit. *Pada sisi lain,* bekerja dari rumah justru waktu menjadi lebih fleksibel *dan* lebih banyak waktu untuk keluarga. *Selain itu,* bekerja dari rumah *bukan hanya* dapat menghemat pengeluaran untuk biaya transportasi *tetapi juga* menghemat biaya operasional kantor._

Edi Syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https://edsamatra.blogspot.com

7 komentar:

  1. Keren banget, walaupun kukiah onlinenya bkm dimulai, resumenya sdh kelr karena rajin membaca.

    BalasHapus
  2. Nah ini dia oertanyaan saya wkwkk
    Tetap semangatttt

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah mendapat ilmu pengetahuan yang baru

    BalasHapus
  4. Joss omjay kasih bonus buku digital.
    https://drive.google.com/file/d/0B2MZ4NgziwwcbElpNkpXbktvdGc/view

    BalasHapus