Pengikut

Sabtu, 04 April 2020

Jual Beli

Ceritanya hari ini perasaan gerah aja,pengen makan buah kebetulan sekali pas jalan pulang liat ada penjual buah musiman di pinggiran jalan,setelah nanya harga dan sedikit menawar serta mencicipi buahnya saya mulai memilih buah yg ingin saya beli,gak lama kemudian berhenti sebuah mobil di deket saya ,seorang ibu turun dari mobil tersebut menanyakan harga,sambil tawar menawar harga mulutnya gak berhenti terus mencicipi buah yg ingin dy beli,,,
Pembeli:dek berapa buahnya sekilo?
Penjual : 15 rb mak,,
Pembeli: 10 rb ya
Penjual: gak dapat mak,,,
                Mamak itu dan bapak itu juga harganya sama
Pembeli: bisalah,,,masa gak boleh kurang
Penjual: maaf mak gak bisa,itu dah saya kurangi harganya,tadinya harganya saya buka 20rb/kgnya
Tapi karena mamak sama bapak ini dah saya kasi harga 15 ribu makanya gak saya bilang 20rb lagi sama mamak
Pembeli: ya sudah,,25 rb 2kg ya ( sambil terus mencicipi buahnya)
Penjual: maaf mak gak bisa,,,
Pembeli: pelit kali kok dek,,,kurang2 dikit aja gak boleh klu boleh saya ambil 2kg
Penjual: gak bisa mak,,mau mamak beli 10kg pun tetap harganya 15 rb
Pembeli: iiishhhh,,,pelitnya,,,,,,
Penjual: bukan pelit mak,,,kami jual buah bukan dengan untung yg besar, belum lagi klu ada yg busuk sudah menjadi resiko buat kami , untuk kami pedagang kecil seperti ini mamak menawar sampai segitunya,padahal untung kami tak seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan klu mamak belanja di tempt lain tanpa bisa menawar sedikitpun
Bantulah kami untuk bisa menafkahi keluarga kami dan terhindar dari perbuatan hina menjadi peminta- minta mak
Pembeli: ishh adek nie ,,,jauh x mikirnya ( si ibu berbalik ke mobilnya)

Saya yg dari tadi menjadi penonton mendekati penjual,,,
" dx tolong timbang saya 20 rb aja "
Penjual: iya mak,,gak langsung 2 kg aja mak???
Saya: enggak usah dx ,,20 rb aja
Penjual menimbang buah yg saya pilih,,saya melihat angka di timbangan 1,7 kg ,,dy langsung membungkus buah untuk saya
Saya : dx gak kebanyakan itu berat 1,7 kg lho,,kan saya belinya cuma 20 rb dx ,,,,
Gak berapa lama si ibu yg tadi kembali
" dx saya bungkus 1/2 kg aja ya "
Penjual : iya mak
Lalu penjual berkata ke saya
" gak papa mak ,,,selebihnya sedekah saya untuk mamak",,,,hati saya tertohok😒😒😒,,malu sama adek2 penjual buah ini
Saya: makasi ya dek (sambil menyerahkan uang 50 ribuan)
Penjual : mak sebentar ya kembaliannya ,saya timbang punya mamak ini dulu
Saya : iya boleh dx
Penjual menyerahkan buah yg dibeli ibu2 tadi,dan si ibu masih minta dilebihkan timbangannya,yg saya lihat hampir 7 ons 😒😒( yg dy cicipi juga mungkin sudah lebih dari 2 ons ), kemudian dy  menyerahkan uang lembaran 100rb
Penjual: mak gak ada uang kecil aja???
Pembeli: gak ada dek,, klu boleh harganya 25 rb/ 2kg saya ambil 4 kg ,,,,,
Saya : dx kembalian saya 30 rb lagi kan???
Penjual : iya mak sebentar,,saya tukar dulu uangnya ya mak
Saya: gak,,,gak usah dek,,gini aja dech,,,kembalikan aja uang ibu ini ,,,biar saya yg bayarin dan selebihnya buat adek aja
Tadi adek dah bersedekah kan buat saya,, makasi ya dx,selebihnya izinkan saya juga bersedekah buat adek
Dan makasi juga ya dx buat ilmu yg secara gak langsung adek berikan buat saya tadi
Jujur saya malu dan salut sama kamu
Penjual: berezen mamak boh,,,buge mudah rezeki mamak
" orom2 dx ingin saya bisa segera menghilang dari sana agar dy tidak melihat air mata saya mengambang "

"Cerita seorang sahabat hari ini,,maaf ya dx kk posting ceritanya,,semoga ada ibrah yg bisa kita petik dari cerita ini "πŸ˜šπŸ˜™

Tidak ada komentar:

Posting Komentar