Pengikut

Minggu, 05 April 2020

Menulis Dan Menerbitkan Buku BerKualitas







Resume: Langkah Langkah Dalam Menulis Buku
Pertemuan ke 8 malam ini belajar kelas menulis online gelombang 7 mulai dari pukul 19.00 s.d pukul 21.00. Dengan Tema 6 Langka langkah dalam menulis Buku. Dengan Nasumber/ Pemateri Bapak Akbar Zainuddin.

Man Jadda Wajada
Buku ini di tulis oleh Bapak Akbar  Zainuddin beliau sudah mengelilingi  33 Provinsi di Indonesia yang belum menginjak  adalah tanah Papua mungkin Insya Allah akan kesana jikalau ada kawan kawan PGRI mengundang beliau.

Beliau menulis sejak duduk bangku SMA saat beliau belajar di Gontor dan dilanjutkan saat beliau mahasiswa.

Sang motivator ini menulis sejak tahun 2008 yang diterbitkan oleh Gramedia. buku Man Jadda Wajada,Hingga sekarang, beliau menulis 13 Buku hampir semua tentang motivasi,

Menurut beliau dalam menulis buku ada langkah yang harus kita perhatikan adalah :TOJTRP
Langkah pertama T adalah Tentukan Tema tulisan setia buku kita dalam menulis harus punya tema besar baik buku fiksi maupun non fiksi. Tema akan menjadi rel yang mengiikat kita dari awal tulisan hingga akhir tulisan. Tema ini satu saja, misalnya kerja keras, romantisme,cara belajar,dan sebagainya.

Langkah kedua adalah O.adalah Outline atau daftar isi.Guna Outline adalah: (1.) Agar tulisan kita terarah, (2) bisa buat jadwal target (3) menghindari " ngeblank " pada saat menulis, (4) Agar bukunya selesai. Karena tidak ada daftar isi, bukunya akan sulit selesai.

Langkah ketiga J, adalah jadwal dalam penulisan buku. Kalau daftar isi sudah dibuat misalnya ada 30 judul artikel atau plot cerita, mulailah membuat jadwal secara riil, katakan 1 tulisan jadwalnya seminggu selesai buatlah jadwal dari 30 tulisan itu kapan mau selesai. Dengan kita membuat jadwal maka kita akan mudah untuk mengontrol dan mengevaluasi hasil tulisan kita.

Langkah keempat T adalah Tuliskan. Outline sudah ada, jadwal sudah ada. Berikutnya adalah tuliskan sesuai dengan Outline dan jadwalnya. Disini, disiplin diri dan komitmen yang akan menentukan apakah tulisan kita akan selesai atau tidak.  Tulis dan selesaikan semua judul artikel terlebih dahulu, jangan terpaku untuk satu tulisan sampai sempurna.

Langkah kelima R, adalah  Revisi, Revisilah tulisan kalau semua draf tulisan sudah selesai.jangan terpaku hanya satu judul sampai sempurna. Kalau kurang kurang sedikit, tidak apa - apa. Tahap pertama adalah menyelesaikan semua draf buku. Tahap kedua baru revisi. Apa saja yang direvisi?  1. Data dan informasi
2. Tata bahasa,  3. Gaya tulisan. Disamakan dari awal hingga akhir, 4. Judul judul Artikel. Buatlah judul yang menarik. KIta juga harus ingat baik baik. Jangan terpaku pada satu judul Artikel sampai sempurna.  Selesaikan saja semua draf bukunya. Apapun bentuknya setelah draf selesai baru  direvisi.


Langkah Keenam, P adalah penerbit, apa pertimbangan penerbit.
Paling utama adalah bukunya laku atau tidak ini menyangkut kebutuhan masyarakat pembaca. Apakah pembaca butuh buku kita? Siapa yang butuh? Berapa banyak orang yang butuh? Buku kita menjawab kebutuhan apa. Semakin besar kebutuhan masyarakat akan buku kita,maka peluang diterbitkan semakin besar. Karena itu, sebagai penulis kita mesti memahami buku kita siapa yang akan beli dan siapa yang kira kira akan baca..
Hal kedua adalah apa yang bisa membedakan buku kita dari buku sejenis.apa kelebihan kita dibandingkan dengan buku sejenis?.  Kita harus mampu menjawab pertanyaan ini, karena hal itu yang akan menjadi pertanyaan dan juga pertimbangan penerbit.
Ketiga pertanyaan penerbit adalah, apa yang Akan kita lakukan untuk membantu penasaran buku? Kita harus punya jawabannya.

Apakah kita perlu membayar kepada penerbit?
Kita tidak perlu membayar ke penerbit. Bahkan kita mendapatkan uang ROYALTI. Rata rata ROYALTI adalah 10 % dari buku yang terjual.

Bagaimana cara mengirim naskah?
1.Naskah harus sudah jadi
2. Diprint, dikirim dengan Hard copy dan soft copy dalam bentuk CD atau Flash Disk

Berapa lama?
Kabar diterima atau tidak sekitar 3 bulan.

Ini materi malam ini yang saya dapatkan dari bapak Akbar Zainuddin Sang motivator yang sudah berlang lang buana keseluruh pelosok Nusantara. Semoga kita bisa mengikuti jejak beliau Insya Allah.

Edi syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
Link :Rumoh Cek Gu
edsamatra.blogspot.com

6 komentar: