Pengikut

Senin, 20 April 2020

Lontong Sayur Aceh, Menu Istimewa Untuk Hari Hari Besar

Lontong Sayur Aceh, Menu Istimewa untuk Hari- hari Besar


Di Aceh lontong Sayur menjadi salah satu kuliner yang paling diburu saat lebaran. Setiap rumah selalu menyajikankan penganan ini untuk para tamu yang datang bersilaturahmi merayakan hari kemenangan.

Lontong Sayur Aceh biasanya disunguhkan sebagai hidangan lebaran  selain opor. Sajian ini berisi kan banyak sayur mayur, seperti labu siam, wortel, kacang panjang, tomat dan beberapa sayur lainnya.

Saat menyantapnya, lontong juga harus diguyur dengan kuah yang terbuat dari santan, kemudian dicampur dengan berbagai sayuran. Selain itu, ada juga menu tambahan sebagai pelengkap lontong, seperti telur rebus udang, ayam, maupun rendang.

Yang membedakan dengan lontong Sayur Aceh dengan lontong sayur kota lain, adalah adanya sambal touco udang, belado kering, kerupuk dan taburan bawang goreng diatasnya.

Sajian lontong Sayur Aceh sudah menjadi tradisi sejak dulu dan wajib ada disetiap rumah saat lebaran. Lontong ini merupakan menu penganti nasi dengan rasa yang sangat khas. Biasanya masyarakat Aceh memasak sendiri lontong Sayur ini saat lebaran.

Lontong Sayur menjadi makanan pengganti saat hari pertama lebaran. Makanan ini selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat Aceh saat meraya hari raya idul fitri dan hari raya idul adha untuk sarapan.

Edi syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https ://edsamatra.blogspot.com

2 komentar: