Pengikut

Selasa, 21 April 2020

Pembelajaran Daring Yang Ideal

Rusume

Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang 7 bersama Om Jay pada malam hari ini tanggal 21 April 2020 Pukul 19.00 s.d 21.00.

Narasumber: Wijaya Kesumah. M.Pd
Tema: Pembelajaran Daring Yang Ideal


Malam hari ini mengikuti kelas belajar menulis online dengan materi adalah pembelajaran Daring yang ideal sangat antusias bapak Wijaya Kesumah menyampaikan materi diatas. Dan saya sangat menunggu materi ini karena bagi saya sangat menarik untuk didiskusikan dan ditulis.

Alhamdulillah Pemateri malam ini adalah Bapak Wijaya Kesumah yang selalu membimbing kami dikelas ini dan juga Beliu adalah seorang guru Blogger profesional.

Pada malam hari ini materi pembelajaran Daring yang ideal ini sangat penting karena saya mendapat sebuah ilmu baru, apalagi saat ini ditengah wabah pandemi corona memang materi ini sangat saya butuhkan ketika melaksanakan pembelajaran dengan siswa saya yang saya ajarkan.

Pembelajaran Daring sebagai Solusi

Sejak surat keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terbit mengenai upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19, semua kegiatan pembelajaran konvensional mulai diliburkan sementara waktu. Kegiatan pendidikan berasa mengalami lockdown. Sistem pembelajaran konvensional yang dilaksanakan oleh sebagian guru perlahan terkikis dan tergantikan dengan berbagai aplikasi pembelajaran Daring yang dapat memberi ruang interaksi langsung antara guru dengan siswa tanpa harus bertemu langsung.

Guru, siswa, bahkan orang tua dipaksa untuk beradaptasi secara cepat dengan metode ini. Memang, ditengah situasi yang seperti ini, metode dirasa solusi yang paling tepat untuk dilakukan. Meski sekolah diliburkan, tetapi tuntutan dalam proses pembelajaran masih dapat terlaksana dan tercapai. Namun jika dalam kondisi normal, banyak celah kekurangan metode daring ini.

Minimnya pengetahuan teknologi guru, siswa dan orang tua menjadi salah satu permasalahan pengaplikasian metode daring ini.  Meskipun sebagai guru harus selalu memperkaya dan mengupgrade keilmuan, tetapi diminta untuk beradaptasi dan menguasai berbagai aplikasi yang mendukung pembelajaran daring dengan cepat tidaklah mudah.

Tidak hanya guru, siswa pun demikian.  Untuk siswa siswa SMP, SMA dan SMK, mempelajari dan menguasai aplikasi daring ini dengan cepat, dapat dilakukan. Tetapi untuk para siswa SD , hal ini dirasa cukup sulit dilakukan. Akhirnya mau tidak mau orang tua diminta untuk terlibat dalam pembelajaran Daring ini.

Orang tua dengan latar belakang pendidikan yang tinggi akan muda beradaptasi. Sementara orang tua dengan latar belakang pendidikan rendah, akan pasrah pasrah saja jika putra putrinya selama berminggu minggu tidak dapat mengikuti proses pembelajaran bahkan tidak mendapat nilai. Bagaimana tidak, mereka mungkin tidak hanya gagap akan teknologi, bahkan bisa sampai buta teknologi. Bahkan ada pula siswa yang terkendala tidak memiliki alat komunikasi yang memadai dikarenakan kondisi ekonomi keluarga yang kurang mampu.

Lebih lanjut, lemahnya jaringan internet juga dirasa menjadi kendala yang sering dialami oleh para guru. Hal ini terutama bagi guru dan siswa yang tinggal di daerah pedesaan atau pedalaman, akan sangat sulit untuk mendapatkan akses Internet. Padahal, ini merupakan salah satu faktor penting terlaksananya pembelajaran Daring.

Latar belakang siswa juga perlu diperhatikan sebelum diberlakukannya  metode daring ini. Tidak semua siswa berasal dari  keluarga dan lingkungan yang baik baik saja. Terdapat siswa yang berasal dari anak anak broken home, lingkungan tempat tinggal yang sangat tidak mendukung (sebagai contoh tinggal dipemukiman yang banyak preman,banyak peminum), serta anak anak yang kurang mendukung kegiatan pendidikan.

Hari ini akan menjadi tantangan sangat berat bagi guru jika ingin mengaplikasikan metode daring ini. Tentunya guru akan bekerja ekstra keras agar siswa mau mengikuti model kelas daring ini. Padahal saat pembelajaran konvensional saja, tidak banyak dari siswa spesial ini yang mau memperhatikan dan berkontribusi saat pembelajaran, mereka sudah mau bersekolah saja, sudah sangat bersyukur.

Pembelajaran konvensional meski dirasa kuno, namun tetap memiliki kelebihan tersendiri. Psikologi siswa akan terbentuk jika siswa bertemu langsung dengan gurunya. Mereka bisa mengingat gaya mengajar gurunya dan akan sangat diingat dipikiran mereka karena mengajar karena tidak hanya untuk mendapatkan ilmu tetapi lebih kepada pembentukan karakter. Hubungan emosional antara guru dan siswa yang terbentuk selama pembelajaran konvensional akan sangat membantu keberhasilan siswa.

Meskipun ada banyak aspek yang perlu diperhatikan pada saat penerapan metode daring, metode ini juga memiliki beberapa kelebihan. Diantaranya guru dan siswa akan semakin melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman. Kegiatan pembelajaran tidak terbatas pada waktu dan tempat, sumber pembelajaran juga tidak terbatas hanya pada guru tetapi dari sumber lain, Kreatifitas dan kekritisan siswa akan semakin keluar, guru akan semakin kreatif menggabungkan berbagai macam media ajar online, guru tidak terbebani dengan koreksi tugas siswa secara manual, serta penggunaan kertas akan semakin berkurang karena teralihkan melalui aplikasi online.

Pada akhirnya, di setiap metode pembelajaran memang terdapat kelebihan dan kekurangan. Namun sudah menjadi tugas guru untuk menentukan metode, gaya ataupun teknik mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa yang didampingi.  Karena kembali lagi, mengajar adalah sebuah seni untuk pembentukan karakter, Kreatifitas, kekritisan, dan sifat kepribadian siswa. Tidak hanya terfokus pada penyampaian ilmu saja.

Edi syahputra.H
SMA Negeri 13 Banda Aceh
https :edsamatra.blogspot.com

2 komentar:

  1. Mencoba beberapa aplikasi untuk berinteraksi.

    Seharian kemarin penuh dengan berbagai aplikasi. Pagi pakai aplikasi zoom dengan anak anak. Siang dgn pengurus mgmp tik Tangerang pakai aplikasi webex. Sore hari pakai live youtube Chanel utk menonton cetak biru pendidikan indonesia. Malamnya pakai zoom lagi untuk berbagi materi pembelajaran daring yang ideal. Banyak juga yang gabung.

    Senang juga bisa keliling Indonesia dari rumah saja. Berbagai aplikasi baru memudahkan semuanya. Kita pilih mana yang disuka. Semuanya untuk memudahkan kita berinteraksi dan saling berkomunikasi dengan sesama.

    Pagi ini dapat kiriman video dari pak Adi. Beliau guru bahasa Indonesia di sekolah kami. Anak anak senang ada kegaiatan online di smp labschool jakarta yang kami sayangi. Peringatan isra miraj virtual berjalan lancar sekali. Sebagai ketua panitia kegiatan Isra Miraj saya bahagia sekali. Sebab berbagai aplikasi memudahkan kami berkomunikasi saat ini.

    Wabah corona menyatukan kami di dunia maya. Inilah pembelajaran modern yang harus kami hadapi di depan mata. Belajar sepanjang hayat sampai tutup usia.


    Salam blogger persahabatan
    Omjay
    Guru blogger Indonesia.
    Blog http://wijayalabs.com

    BalasHapus