Pengikut

Minggu, 19 April 2020

Gotong Royong Ala Masyarakat Kami

Gotong Royong Ala masyarakat Kami.

 
 
Penduduk Indonesia dikenal sebagai penduduk ramah dimata bangsa lain. Disamping itu juga, masyarakat Indonesia terkenal dengan budaya Gotong Royong, khususnya dipedesaan.  Budaya Gotong Royong sangat kental dimasyarakat desa.  Gotong Royong merupakan bentuk kepedulian atau keprihatinan seseorang terhadap orang lain, sehingga ia rela memberikan waktu, tenaga atau pikirannya untuk orang lain. Budaya inilah yang masih dipegang oleh masyarakat desa di Indonesia pada umumnya. Sebagai contoh ditempat desa saya berasal (desa Lampoh Daya).

Contoh nya hari ini kami bersama sama melaksanakan gotong Royong di lorong kami masing masing karena sebentar lagi mau menyambut bulan suci ramadhan, karena sudah kebiasaan desa kami kalau mau menyambut bulan suci desa kami harus bersih indah dan sehat.
Saya membayangkan, bagaimana seandainya kebiasaan - kebiasaan ini terus dilakukan desa kita akan terbangun rasa kebersamaan dan tenggang rasa, kerana kita melihat budaya Gotong Royong ini sudah agak mulai luntur.

Dalam ajaran Islam bahwa sikap seperti ini, sebenarnya sudah dianjurkan.  Islam mengajarkan, agar setiap manusia untuk saling tolong menolong dalam hal kebaikan. Hal demikian jelas sekali diterangkan dalam surat Al Maidah, ayat 2, sebagai berikut :" Dan tolong- menolonglah kamu dalam ( mengerjakan) Kebajikan dan Taqwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran " sungguh ajaran yang sempurna.

Tentu saya pribadi, saya berharap semoga desa kami desa Lampoh Daya khususnya lr Melati mampu menjaga semangat kegotonng Royongan didalam kehidupan Bermasyarakat yang sekarang sudah masuk era modernisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar