Pengikut

Sabtu, 04 April 2020

Diary Kecil Sang Suami

Diary kecil seorang suami

Malam ini tania pulang kerja waktu telah menunjukkan pukul 20.00 wib
Ada rasa kesal karena ia hrs pulang dengan menggunakan taxi,padahal raihan suaminya tadi berjanji akan menjemputnya,tapi saat ini ia sendiri tidak tahu dimana suaminya,beberapa kali ia berusa menghubungi tapi operator yg menjawab "no yg anda tuju sedang tidak aktif"saat tiba dirumah emosinya bertambah melihat kondisi rumah yg mirip kapal pecah ,,besok hari libur ,,anak2 sudah dijemput ibu menginap dirumah ibu,,tania bergegas mengganti pakaian,selesai isya ia putuskan untuk membereskan rumah sembari menunggu suaminya pulang
Saat membereskan meja kerja suaminya ia melihat sebuah buku kecil berwarna abu2 tua
"Buku apa ini?kok aku gak pernah lihat ya?"
Rasa penasaran mendorongnya untuk membaca isi buku tersebut

Dihalaman depan ia melihat foto pernikahan mereka berdua
Disana tertulis,,Alhamdulillah aku mampu menjadikan engkau bidadari di hati dan hidupku,,love U honey,,,23 march 2009

Halaman selanjutnya tanpa tanggal

Istriku ,,,maaf klu hari ini aku membuatmu kecewa ,,,aku lupa klu hari ini adalah hari ulang tahunmu ,,,mungkin terlambat tuk mengucapkan selamat ulang tahun untukmu,tapi percayalah aku sangat mencintaimu ,,

22 juli 2009
Istriku ,,,terima kasih,,hari ini adalah hari paling bahagia yg aku rasakan setelah hari pernikahan kita
Sebentar lagi engkau akan menjadi ibu dan aku menjadi ayah ,,terima kasih tak terhingga bagimu bidadari syurgaku

5 mei 2010
Tak pernah aku merasakan ketakutan yg luar biasa seperti hari ini
Istriku ,,engkau bertarung nyawa,,aku tak kuasa melihatmu kesakitan,,andai saja rasa sakit itu bisa dipindahkan ,,aku rela merasakan sakitnya
Aku takut kehilanganmu, tapi sekaligus aku tak sabar melihat wajah malaikat kecil kita
Maafkan aku istriku ,,mungkin aku terlalu egois
Rasa itu terbayar saat tangis sikecil memecah kesunyian malam ,,air mata bercampur peluh membasahi tubuhmu
Terima kasih tak terhingga untuk perjuanganmu istriku

Tania menarik nafas dalam2 ,ada hangat terasa di pelupuk matanya,,terbayang olehnya saat2 awal mereka menikah ,,,,
Ia sama sekali tidak pernah mengenal suaminya,mereka menikah atas kemauan orang   karena ayah tania memintanya
Awalnya ia merasa begitu asing
Raihan yg pendiam,yg tidak pernah peduli moment2 penting dalam hidupnya,,ternyata suaminya punya cara tersendiri mengungkapkannya ,,punya tempat tersendiri tuk bercerita

Tania mebolak- balik lembaran buku kecil itu,,semua catatan rata2 berisi kata maaf dan terima kasih,,hanya ini?????batin tania
Hingga hampir sampai dihalaman terakhir
Tania tertegun
Catatan ini begitu panjang ,,tanpa tanggal seperti catatan sebelumnya

"Istriku,,,
Aku bukan suami yg pandai merangkai kata dan bahasa ,,aku jauh dari kata romantis
Adakah kejenuhan menghampiri hatimu atas sikapku?
Aku ingin bisa seperti laki2 yg lain ,memanggilmu dengan kata "sayang"
Mengucapkan kata "cinta"
Tapi setiap kali ingin kulakukan lidahku tiba2 kelu
Tubuhku seakan mengejang,keringat dingin membasahi
Aku pernah ingin memberikan bunga untukmu,,tapi setibanya di depan pagar bunga itu aku buang,aku takut engkau menertawakanku

Istriku ,,,kemarin saat aku mengajakmu berbelanja ke mall,,(aku lakukan atas saran teman kantorku)aku baru menyadari engkau begitu sempurna dikirimkan Allah untukku
Sedikitpun engkau tidak tergiur dengan semua barang yg aku tawarkan untuk aku belikan untukmu
Engkau malah memilih pakaian ,sepatu dan sandal untukku dan anak2 kita
Saat aku tawarkan membelikanmu pakaian,sepatu dan tas (yg kata temen2 ku disukai kaum wanita)engkau tertawa dan menolaknya dengan halus,,engkau katakan engkau gak butuh barang mahal seperti ini,,beli yg kw aja mas,kan fungsinya sama,,,
Padahal aku tahu dengan penghasilanmu sendiripun lebih dari cukup tuk membeli barang2 itu,tapi itu tidak engkau lakukan
Aku bingung hrs menghadiahkan apa untukmu
Karena aku bukan laki2 "romantis"
Saat aku bertanya engkau ingin apa?engkau malah minta aku membelikan 30 porsi makanan
Aku bingung,tapi aku turuti juga tanpa bertanya untuk apa
Aku melihat binar bahagia dimatamu saat pesanan itu datang ,,
Kemudian engkau mengajak aku dan anak2 kita singgah di sudut kota ,,kita memasuki perkampungan kumuh,,dan engkau beserta anak2 membagikan makanan itu
Ada rasa yg tak mampu ku ungkapkan disana
Istriku ,,,,,,,
Aku baru menyadari betapa sempurnanya engkau
Engkau juga membantuku menafkahi keluarga ini tapi engkau tidak pernah melupakan fitrahmu sebagai istri dan ibu
Semua pekerjaan di rumah engkau kerjakan sendiri ,mulai dari memasak hingga menjadi tuk ang kebun,meskipun sesekali ada terdengar suara cempreng dari bibirmu ,tapi bagiku  lagu merdu,,,
Akulah laki2 yg paling bahagia karena setiap pagiku engkau hadiahkan "dhuhamu"
Akulah laki2 yg paling bahagia,karena disetiap sujud mu kau selipkan doa untukku
Akulah laki2 paling bahagia karena disetiap langkahku teriring doa dan baktimu di punggung tanganku
Akulah laki2 paling bahagia memilikimu sebagai bidadari hatiku dan Insya Allah menjadi bidadari syurgaku
Istriku maafkan aku yg tak mampu menjadi laki2 romantis
Aku hanya bisa mencintaimu dalam diam
Sekalipun aku tak bisu

Tania menutup buku kecil itu
Tak terasa air mata membanjiri pipinya
Selama ini ia salah mengartikan sikap rayhan suaminya
Ia merasa rayhan menikahinya hanya karena permintaan orang tua mereka tanpa pernah mencintainya
Seketika itu tania ingin suaminya rayhan pulang
Ia ingin meminta maaf dan memeluk erat suaminya
Ia merasa bersalah karena sebagai istri ia juga tidak mampu menjadi tempat curhat suaminya

Tak lama kemudian terdengar pintu rumah diketuk ,,Assalamualaikum,,suara lembut suaminya
Tania membuka pintu
" waalaikum salam"
Bunda maafkan ayah ................
Tania menghambur kepelukan suaminya
"Sudahlah ,,ayah mau dimasakin apa??????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar