Pengikut

Rabu, 13 Mei 2020

Menuls di Media Cetak

Resume 

Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang ke 7 bersama Om Jay pada siang hari ini tanggal 13 Mei 2020 Pukul 13.00 s.d 15.00. 

Narasumber: Dra. Rahmi Wilandari, M.Pd 

Tema: Menulis di Media Cetak 

Dra. Rahmi Wilandari di lahir kan di Surabaya, 1 Januari 1965, Alamat Rumah beliau Jalan Sutedi Senoputra Gg Cempaka 1/2 Karangpilang Surabaya Jawa Timur.. Pendidika Beliau Program S1 Pendidikan Ekonomi Unesa Surabaya Tahun lulus 1988 sedangkan S2 beliau S2 Pendidikan Ekonomi Unesa Surabaya Tahun lulus 2013. 
Instansi Kerja beliau Mengajar di SMA Negeri 21 Surabaya Jawa Timur. 

Daftar Karya  Ibu Dra Rahmi Wilandari, M.Pd 

1. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA Surabaya. 
* Pembelajaran Kooperatif Tipe  Thik Pair Share dengan Media 3D Topiscape SE (Student Education) untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa (2013) *
2. Pemanfaatan Media Pembelajaran  Audio dan Multimedia (2013)
3. My Literacy For My Future (Literasiku, Masa Depanku) ( 2017) 
4. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dengan menggunakan Media Kartu Remi (Playing Cards) untuk Meningkatkan ketuntasan Belajar Siswa Pada Materi Permintaan dan Penawaran (2018) 
5. Wajib dan Perlukah Pendidikan Kewirausahaan Di SMA (Artikel Ilmiah) (2019). 
6. Membangun Karakter Milenial Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 (2019) 
7. Tolak Narkoba Raih Prestasi /KTI anti Narkoba (2020) 
8. Memaknai Hardiknas di era Pandemi Covid -19 (2020) 

Daftar Penghargaan :

1. Juara 3 Majalah Media (PGRI) tingkat Jawa Timur Tahun 2013 
2. Juara Lomba Guru Menginspirasi ( KTI Literasi)  Tingkat Nasional Tahun 2018 untuk jenjang SMA /MA / SMK  Penerbit Erlangga Jakarta. 
3. Pembimbing Terbaik 3 Perbanas Banking Competiation (PBC) Tingkat Nasional Tahun 2016 jenjang SMA /MA /SMK STIE Perbanas Surabaya. 

Pengalaman :
1. Narasumber PJJ ( Pembelajaran Jarak Jauh) Radio Streaming jenjang SMA Tekkomdik Info Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tahun 2010 s.d 2017. 
2.Narasumber Pembelajaran Online Pro 2 RRI Sby 95,2 FM " Program Indonesia Memanggil "

Hari ini Menerima materi dari ibu Pemateri Yang cantik yaitu Ibu Dra. Rahmi Wilandari M.Pd pada siang hari ini memasuki puasa yang ke 20 dengan tema menulis di media i.

Menulis Di Media Cetak 

Forum guru ada hampir setiap hari, memuat opini para guru dan tenaga kependidikan terkait masalah pendidikan, misalnya bimbingan belajar, UN moral dll. Panjang tulisan 2000 -3000 karakter. 

Suatu hari ditanya oleh seorang kawan mengapa harus menulis di media cetak?  Sebenarnya saya malu dan tak percaya diri untuk menjawabnya. 
Bagi sebagian orang menulis di media massa ( cetak) merupakan suatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Padahal  kenyataannya tidaklah demikian.  Setiap orang pada dasarnya memiliki kemampuan untuk menulis. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan konsistensi dalam melaksanakan aktivitas menulis. 
Berawal dari kegundahan penulis pemula ketika melihat banyak aspek dalam dunia pendidikan yang harus diperbaiki. 

Suatu kebahagiaan tersendiri bila tulisan kita dimuat di media cetak. Bagi saya pribadi menulis adalah hobi yang mengasyikkan. 
Berita dimedia Cetak merupakan sebuah informasi tentang suatu peristiwa atau kegiatan yang baru saja terjadi atau pun yang sudah terjadi disuatu Wilayah yang kemudian disebarkan melalui media  berita yang Dicetak kedalam beberapa lembaran kertas yang disusun semenarik mungkin. 

Pertanyaan Pertanyaan dari peserta ;


Pertanyaan 3, uh. Said
Makassar.
Salah satu faktor penghambat kenaikan pangkat guru adalah kekurang mampuan meneliti dan menulis karya ilmiah seperti PTK.
Pertanyaan :
1. Ciri utama PTK adalah adanya siklus. Bagaimana kalau hasil penilaian siklus 1 ke siklus 2 menurun ?
2. PTK diseminarkan disekolah. Bagaimana prosedurnya ?

Ibu menulis artikel bisa dari kejadian, peristiwa atau gejala yg ada disekitar kita sehari2. Contoh apa dampak Pandemi Covid -19 thd ekonomi masyarakat. Atau dengan adanya Pandemi Covid 19 masalah apa yg dihadapi orangtua peserta didik cukup tulis 500-1000 kata,  ada masalah,  ada bahasan,  ada solusi kirim ke redaksi majalah atau surat kabar, dapat COIN dan POINT. Coin dpt honor,  POINT dpt nilai 2 utk kenaikan pangkat jika majalah/surat kabar Nasional. Kalau surat kabar dan majalah regional / provinsi nilai 1, 5

Kesimpulan : 
- Marilah kita membiasakan menulis setiap  hari sedikit demi sedikiy lama jd bukit... Eeh Buku
- Hari ini pertanyaan terbanyak seputar PTK,  ada juga artikel dan Best Practice
- Untuk PTK minimum 2 siklus,  alangkah lebih baik jika 3 siklus
- Untuk merangkai kata kata dalam PTK perlu banyak membaca dan latihan
- PTK menggunakan 2 variabel yakni variabel X dan Y. Apakah perlu pakai metode / model. Kalau metode itu metode Ceramah, diskusi kelompok atau pemberian tugas. Kalau model bisa menggunakan Cooperative Learning, PBL atau PJBL. Cooperative Learning  ada Think Pair Share,  Make a Match dll

Yth Ibu Nurjanah dari Banyumas, ..konsep pembelajaran daring adalah online. Jika digunakan utk PTK,  apa yg akan diukur,  prestasi atau ketuntasan ? Nilai diukur dari mana test,  angket atau wawancara.Apakah bisa kita dengan daring ( online ) menilai Hasil Test siswa secara valid? Apakah semua siswa kita punya fasilitas utk online?  Semoga kita bisa sharing dng baik...

Saya selaku peserta kelas menulis online sangat mengapresiasi materi kuliah yang disampaikan oleh ibu Dra Rahmi Wilandari M.Pd semoga materi ini bermamfaat bagi saya. 

Edi Syahputra.H S.Pd 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 
https ://edsamatra.blogspot.com

2 komentar: