Pengikut

Rabu, 20 Mei 2020

Mendokumensikan semua kegiatan di Blog

Resume 

Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang ke 7 bersama Om Jay pada siang hari ini tanggal 20 Mei 2020 Pukul 13.00 s.d 15.00 

Narasumber: Dedi Dwitagama 

Tema: Mendokumentasikan Semua Kegiatan di Blog 

Profil beliau 

Tujuh belas tahun menjadi guru di sekolah Teknologi Menengah Negeri 39 Jakarta, sejak tahun 2005 sebagai kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Jakarta dan sejak tahun 2009 sebagai kepala Sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 39 Jakarta. Sekolah khas dimana terdapat program studi nautika kapal penangkap ikan, teknik kapal penangkap ikan dan agribisnis perikanan, sejak November 2011 hingga Oktober 2012 menjadi kepala Sekolah di SMKN 29 Penerbangan  Jakarta yang merupakan satu satunya Sekolah Penerbangan Negeri di Jakarta, sejak 2012 menjadi guru di SMKN 50  Jakarta Timur. 

Aktivitas beliau selain mendidik juga menjadi Trainer dan Motivator bidang Pendidikan, Remaja, Parenting, Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba, HIV /AIDS, Kepemimpinan, berbicara dimuka umum, teknologi informasi, Menulis Kreatif /Creative Writing dan Komunikasi /TIK. 

Beliau adalah wakil Indonesia pada akademic Leadership Training for School principal UNESCO, Seoul Korea Selatan 2012. Ketua delegasi Indonesia pada South East Asia School Principal Forum - SEASPF, Bali 2012. 

Prestasi yang diraih :

* Juara I Guru Award - Guru Era Baru Award Indonesia - Acer Jakarta 2012 
* Nominator Blog Pendidikan Terbaik Indonesia, pesta Blogger Nasional Jakarta, 2011 
* Juara 3 kepala sekolah berprestasi tingkat provinsi DKI Jakarta,2008 
* Juara I kepala sekolah berprestasi tingkat Jakarta Pusat, 2008 
* Juara II e Learning Award tingkat nasional, Pustekkom Depdiknas RI, Oktober 2008 
* Juara 3 kompetisi blog "I Love Mobile Blogging" XL dan Dagdikdug,FKI - JHCC Jakarta, Juni 2008 
* wakil DKI Jakarta pada lomba guru berprestasi tingkat nasional,Jakarta, 2004 
* Juara I Guru Berprestasi tingkat provinsi DKI Jakarta, Jakarta 2004 

Hitam putih episode 8 januari 2013, Ananda Omes menceritakan seputar kisah memalukannya dimasa lalu, ia pernah menangis di bioskop.  Omes juga akan berbagi seputar SMA nya. 

Blog ini menceritakan foto foto, ide, pemikiran tentang pendidikan yang mensejahterakan, dan membentuk peserta didik  agar bisa menjadi penduduk yang berkarakter baik, punya semangat kompetitif dan bertanggung jawab serta mendorong guru dan tenaga kependidikan untuk lebih mengoptimalkan potensi yang dimilikinya sehingga bisa antarkan Negeri ke kehidupan yang baik dan sejahtera. 

Ingin sekolah anda terkenal zaman digital sekarang ini promosi menggunakan brosur atau poster mungkin tidak zamannya lagi bagaimana cara mempromosikan sekolah di era digital? 

Media 
* Facebook 
* Twitter 
* Path 
* Instagram 
* Website 
* Blog 
* Youtube 
* Google Map 

Ada cara efektif dan efisien, misalnya dengan menggunakan situs https://hootsuite.com, atau lainnya. Anda bisa memposting satu artikel atau beberapa platform seperti Facebook, Twitter, Likedin dsb. Menggunakan hootsuite anda bisa menjadwal kan  kapan posting anda akan ditayangkan, sehingga jika anda punya 30 materi promosi cukup dikerjakan beberapa menit dan akan tayang sepanjang 30 hari kedepan. 

Pertanyaan Pertanyaan para peserta :


jika sedang banyak ide, saya tulis sekaliguas beberapa artikel, setiap artikelnya tak perlu terlalu banyak, cukup dua atau tiga alinea dilengkapi foto atau video, dan diposting terjadwal seminggu sekali ... andai saya punya 8 artikel, artinya dua bulan ke depan saya tak perlu posting lagi ... dan artikel kita akan muncul sendiri ... jika ada ide lagi ... jadwalkan biat dua bulan berikutnya, happy deh

Luar biasa Pak Dedi. Saya ingat saat Pak Dedi berkunjung ke blog sederhana saya. Bapak sampaikan bahwa di blog saya ada foto kakak beradik. Tentu kakak beradik yang luar biasa. Inginya blog sederhana saya, saya siram dengan artikel yang menarik. Sayangnya artikel menarik itu belum lahir dari tangan sederhana ini. Bagaimana cara membuat artikel menarik seperti Pak Dedi? Terima kasih.    Ismi - Sukoharjo

Saya, M. Rasyid Nur (Karimun, Kepri)
Ingin bertanya begini, 1) Untuk melengkapi kemauan yang kuat dengan pengetahuan yang memadai itu bagaimana, Pak? Maklum, usia yang udah tua begini sangatlah sulit memahami IT secara mendalam. Nah, untuk membuat/ mendesain blog agar kelihatan cantik apa perlu meminta bantuan pihak lain atau harsu belajar sendiri?

Sungguh menyenangkan hari ini mengikuti kuliah bersama bapak Dedi Dwitagama dan bagi saya sangat banyak mendapat ilmu, dan juga pengalaman pengalaman juga prestasi beliau raih. 

Edi Syahputra.H S.Pd 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 
https ://edsamatra.blogspot.com

1 komentar: