Pengikut

Senin, 15 Juni 2020

Guru Menulis Menerbitkan Buku








Resume 
Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang 7 bersama Om Jay pada malam hari ini pukul 19 00 s.d 21.00 tanggal 15 Juni 2020. 

Narasumber:  Raimundus  Brian Prasetyawan, S.Pd 

Tema: Guru Menulis dan Menerbitkan Buku. 

Profil Pemateri :

Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd 
Tempat /Tanggal lahir: 30 Juni 1992 
Pendidikan: S1 PGSD 
Pekerjaan: Guru SD 
Tempat Tinggal: Bekasi 
Aktivitas lain: Ngeblog sejak 2009,Menulis Buku, Menulis puluhan Artikel dimuat di media cetak. 

Pertemuan kelas belajar menulis online malam ini dengan Nara sumber bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd, beliau penulis yang cukup muda, namun sudah banyak menulis buku dan menulis puluhan Artikel yang sudah banyak dimuat di media cetak. 

Sesuai dengan undang undang guru dan dosen yang tertera pada pasal 1 ayat (1). Bahwa guru adalah pendidik yang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. 

Sebagai tenaga profesional, guru diwajibkan meningkatkan Profesionalismenya. Salah satu bentuknya adalah menulis karya tulis ilmiah, karya tulis ilmiah merupakan salah satu syarat kenaikan pangkat. Oleh karena itu,tidak pilihan lain, guru harus mulai belajar dan membiasakan menulis karya tulis ilmiah. 

Gayung pun, barsambut pada awalnya banyak guru yang keberatan dengan kewajiban menulis karena dinilai mempersulit dan menghambat peningkatan karier mereka. Tetapi dalam perkembangannya, gairah dan semangat guru dalam menulis KTI mulai bangkit dan cenderung makin semarak. 

Guru guru pada awalnya minder,kurang percaya diri menuliis, satu persatu mulai memperhatikan karya-karyamya, menerbitkan buku, walau masih secara "keroyokan" berupa bunga rampai, dan menerbitkan secara mandiri. Tapi ada yang telah menerbitkan buku secara mandiri. Bahkan beredar secara nasional. 

Walau ada pihak yang menganggap bahwa buku yang di cetak secara sendiri kurang bergengsi dibandingkan dengan buku yang diterbitkan oleh penerbit Mayor, menurut saya, yang penting subtansinya, bukan siapa yang menerbitkannya. Kualitas buku self publishing belum tentu lebih rendah dari buku yang diterbitkan oleh penerbit Mayor atau sebaliknya. 

Dari tulisan saya diatas setelah mengikuti kuliah malam ini saya sandingkan pengalaman saya dengan pengalaman nara sumber. 
Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. 

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. 
Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja.

*Blogger vs Wordpress*

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa hehehe. Lebih bagus pakai blog apa ? Blogger atau wordpress. Sebelum bapak ibu bertanya, saya jawab duluan saja sekarang ya hehe. Jadi nanti bapak/ibu bisa bertanya hal lain. 
Jawaban saya tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut saya, Tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya. 
Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

Saat ini saya memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru yang sudah saya sebutkan tadi. 
Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Saya pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

Dalam waktu dekat buku solo ketiga saya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu saya buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, saya juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi. 

Semua buku itu Masih saya terbitkan di penerbit indie. Maka dari itu saya masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor.

Pertanyaan para peserta :

Assalamualaikum ijin bertanya pak.saya Eti Haryati dari Bogor
Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus,tetapi apadaya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa.berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai.mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog.karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan
Terimakasih

Selamat malam pak Brian
Perkenalkan Saya Santi dari Jayapura
Saya salut dengan cara Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis
Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani.
Yg saya mau tanyakan 1.Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblok dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay, apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa? Mohon dimaafkan jika pertanyaannya tidak berkenan. Karena dalam group Om Jay ini anggota nya buanyaaaak sekali pakar pakar dalam dunia tulis menulis.
Saya jadi minder
2. Bagaiman bapak mengelolan kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?
Terimakasih. Pak Guru Brian sang Guru Penggerak masa kini.
Sukses untuk Pak Guru Brian.

Selamat malam pak brian..terimakasih ilmunya.saya sumarjiyati dr GK.
Saya mengenal blog baru setelah mngikuti pekatihan menulis ini.dan isi blog saya nadih campur aduk.mulai dari resume kgiatan kuliah menulis,tentang mkaban ttng kejadian2 yang saya alami selama ini. Yg mau saya tanyakan. Bgmna cara memasukan/mengisi blog kita dengan administrasi pembelajaran agar temen2 dpt mengakses administrasi di blog kita misal rpp dll.slma ini blm pernh mncoba mngisi dg file yg berbentuk kolom2.misal kisi2 soal.atau pngolahan nilai.
Terimakasih.

Assalamualaikum
Sy Noorlanyati,  dr Semarang, gel 11.
Terima kasih ilmunya pak.  Sy mau tanya, 
1. Bagaimana memotivasi diri agar bisa menulis setiap hari.  Td dikatakan, sdh siap di dpn laptop tp ide gak muncul.  Padahal keinginan untuk menulis ada, tp gak tahu apa yg mau ditulis. 
2. Misal kita punya tulisan di blog yg tdk ada nichenya, lalu kita mau membukukan. Apakah harus  1 buku 1 niche? Bolehkah 1 buku isinya bbrp niche?  
Terima kasih

Assalamualaikum bapak ibu narasumber saya atas nama Edi Syahputra.H dari Aceh, sudah menerbitkan buku dua buah, tapi penerbit nya penerbit indie. Apakah bisa kita menerbitkan buku setahun dua buku atau lebih.

kesimpulannya

menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. ita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung, 
Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak.

Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah.

Edi syahputra.H S.Pd 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 
https ://edsamatra.blogspot.com

3 komentar: