Pengikut

Rabu, 17 Juni 2020

Berbagi Pengalaman bersama Cekgu Cantik

Resume Pertemuan kelas belajar menulis online gelombang ke 7 bersama Om Jay pada malam hari ini pukul 19 00 s.d 21.00 tanggal 17 Juni 2020. 

Nara sumber: There 

Berbagi Pengalaman bersama cek Gu Cantik 

Profil :

Nama: Theresa Sri Rahayu, S.Pd , SD 
Tempat Tanggal Lahir: Kuningan, 13 September 1984 
Guru SD Waihibur Kab Sumba Tengah NTT 

Best Achievement 
1. Juara I Guru Berprestasi tingkat kecamatan padalarang Kabupaten Bandung Barat (2014)
2. Juara 2 Guru Berprestasi tingkat Kab Bandung Barat (2014) 
3. Juara 3 lomba guru MIPA tingkat Kec. Padalarang  (2014) 
4. Juara I Olimpiade Guru Nasional Tingkat Provinsi NTT (2018) 
5. Finalis lomba Olimpiade Guru Nasional Tingkat nasional (2018) 
6. Finalis lomba alat peraga matematika sederhana tingkat Nasional (2018) 
7. Peserta shortcouse Keluar Negeri dalam program 1000 ke luar negeri (2019) 
8. 40 besar penerima dana hibah penelitian pada program Teaching chalenge (2019) 
9. Finalis Course On Developing lesson Study for primary matematika Teacher tingkat Internasional (2019) 
10. Guru inti terbaik dalam pembekalan guru inti program PKP tingkat provinsi NTT (2019) 
11. Peserta terbaik dalam Bintek UKS Regional Bali. 
12. Sahabat Rumah Belajar Provinsi NTT (2019) 
13. Finalis lomba matematika Teaching Learning Model (MTML) tingkat Internasional (2019) 
14.  kader inti gerakan Ajamat /Ayo Belajar Matematika (2019) 
15. Resume terbaik dari KGSN dan pelatihan belajar menulis online Bersama Om Jay (2020) 
16. Blogger insfiratif dari Ikatan Guru TIK PGRI dengan penerbit Andi Yogyakarta (2020) 
17.  

Malam ini begitu menarik penyampaian materi dari cekgu muda yang banyak mengukir prestasi dengan tema berbagi pengalaman membuat resume kuliah dalam belajar menulis online Bersama Om Jay. 

Selamat mlm, Bpk/Ibu hebat, salam sejahtera, slmt berjumpa dlm ksmptan istimewa pd mlm hari ini. 

Trm ksh utk waktu dan kesempatan yg tlh diberikan kpd sy utk sharing pengalaman dlm membuat resume. 

Pertama - tama izinkan sy menceritakan terlebih dahulu, awal kisah dr pengalaman sy dlm membuat resume. 

Sekitar bulan Februari, sy melihat salah satu postingan teman di FB ttg resume dr kegiatan belajar menulis bersama Om Jay. Saat itu saya belum kenal dgn Om Jay dan jg kegiatan belajar menulis atau yg sering kita sebut kuliah online WAG ini. 

Saya pun memberanikan diri utk bertanya pada Om Jay ttg cara utk bisa ikut kegiatan belajar menulis, lalu akhirnya saya pun digabungkan dlm grup Belajar Menulis Gelombang 4.

Sepanjang mengikuti kegiatan belajar menulis bersama Om Jay, saya punya pengalaman yg unik dan menarik. Ini salah satunya : 
Suatu saat, slh satu narasumber kmi saat itu, Ibu Lilis Sutikno, beliau adl guru PPKn di slh satu SMA di Kab. Kupang NTT, memberikan tantangan kpd kmi utk lomba menulis resume dgn cepat. Bagi yg tercepat, maka akan mendpatkan hadiah dr beliau. Saat itu kondisi di daerah sy sedang mati lampu. Shg sy harus berjuang utk bisa terus menulis resume smpai selesai. Dan akhirnya resume selesai Pkl 01.00 Wita. Dan sy pun langsung membagikannya di laman FB Ibu Lilis. Esoknya , beliau mengontak sy dan menyatakan bhw sy termasuk 10 besar resume tercepat dan akan mendapat hadiah buku dr beliau. 

Tentu saja sy merasa sangat senang, krn sy bs membuktikan bhw sy bs menulis resume dgn cepat dan beliau juga suka dgn resume yg sy tulis.

Dan terakhir, sy mendpt penghargaan sebagai blogger inspiratif dr Ikatan Guru TIK dan Penerbit Andi Yogyakarta. 

Ternyata, benar yang dikatakan oleh Om Jay, "Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Keajaibannya". Saya adl org yg sdh merasakan manfaat menulis setiap hari, yaitu dgn menulis resume. Keajaiban itu datang ketika saya dan peserta yg lain menyimak materi dari Prof. Richardus Eko Indrajit. Di tengah - tengah penyampaian materi, beliau menantang kami utk menulis buku dlm waktu seminggu. Dan saya termasuk satu dr sekitar 21 peserta yg menjawab tantangan itu. Dan akhirnya, setelah melewati proses bimbingan dari beliau juga penguatan dari Om Jay, buku karya saya yg berkolaborasi dgn Prof. Richardus Eko Indrajit dengan judul "Belajar Semudah Klik, Membangun Ekosistem Ubiquitous Learning Dalam Konsep Merdeka Belajar". Dinyatakan diterima dan dierbitkan oleh Penerbit Andi Yogyakarta yg merupakan salah satu penerbit mayor.

Terus terang ini adl pencapaian yg luar biasa bagi saya. Saya merasa berat krn memikul tanggung jawab dan kepercayaan besar dgn pemberian penghargaan itu. 
Dan apa yg sy khawatirkan pun terjadi. Banyak guru - guru yg menghubungi saya secara japri melalui WA dan messenger sekedar utk meminta tips atau saran dlm menulis. 

Sy merasa malu krn ilmu dan pengalaman sy masih sangat minim namun di sisi lain, saya pun harus tetap berbagi dgn guru lain. Maka, saya pun berusaha utk menjawab pertanyaan2 dr bpk/ibu yg tlh menghub sy.
Baik, selamat mlm, Ibu Santi. 1. Strategi sy : membuat jadwal dulu. Malam itu langsung sy kirim outline Bab 1 - 3 pada Prof. Eko sekaligus rancangan judulnya. Ternyata besoknya langsung di tagih Bab 1 maka brdasarkan outline yg sdh dibuat, sy langsung menulis. Sambil menulis, sambil mencadi referensi pendukung. Kebanyakan dr jurnal dan website online walaupun ada juga yg dr buku koleksi pribadi saya. Dlm perjalanannya kmi mndpt tambahan waktu 1 minggu, namun dgn catatan jumlah halaman minimal 100 hlmn dan dibuat 5 bab dengan spasi 1. Sehingga kerja keras lagi. 
2. Saya berpatokan pada jadwal, Bu. Shg tiap hari saya punya target. Mmg kita sbgai guru plus ibu rumah tangga pasti bnyk kesibukan, tapi biasanya sy komunikasi dgn kelrg bhw saat ini sy ada proyek menulis shg start dari jam 10 pagi sampai sktr jam 3 sore, sy akan menulis. (sy punya anak kecil umur 3 thn) dan ini adl waktu utk menulis krn biasanya anak akan bermain dan tdr siang. Lanjut lagi pkl 07.00 - 12.00 mlm. Anak biasanya ntn tv dan sdh tdr.

Kesimpulan dari sy adalah : menulis resume banyak manfaatnya. Menambah pengetahuan, mengikat sari - sari ilmu, dan menajamkan pola berpikir kita. Jika kita mengaktifkan diri menulis resume dgn baik dan sepenuh hati, niscaya banyak keajaiban akan terjadi. Maka, buktikanlah sendiri.


Edi syahputra.H S.Pd 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 
https :/)edsamatra.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar