Pengikut

Jumat, 05 Juni 2020

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku

Resume 

Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku 

Pertemuan malam ini belajar menulis online gelombang 1 sampai 12 bersama Om Jay tanggal 5 juni 2020 Pukul 19.00 s.d 23,00  Wib. 

Nara sumber ; Dra, Sri Sugiastuti.M.P.d

Tema: Berbagi Pengalaman Menerbitkan Buku 

Profil Penulis

Terlahir dengan nama Sri Sugiastuti,  8 April 1961. Merasa terlambat belajar menulis. Ia menghabiskan masa kecilnya di Jakarta sejak usia 1 tahun hingga lulus SMA tahun 1980. Kuliah di UNS setelah lulus mengajar di Jakarta hingga ahun 1990. Cinta dan tanggungjawabnya pada keluarga membawanya  hijrah ke Solo sejak tahun 1990 hingga saat ini. 
Karir menulisnya dimulai ketika usianya jelang setengah abad. Dimana Ia kuliah S2 jurusan Pengkajian Bahasa Inggris yang linier dengan jurusan yang diambilnya di S1.UNS. Tahun 2010 jadi tahun keberuntungannya ketika 2 bukunya bisa terbit, Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK” penerbit Erlangga, dan buku antologi “ Diary Ketika Buah Hati Sakit”. Naskahnya sebagai pemenang ke 3.  Buku kroyokan lainnya bersama Kompasianer tahun 2014 “25 Kompasianers Merawat Indonesia” dalam rangka hari Kartini. Satu lagi berjudul “ Indonesia Satu “ penerbitnya Indie Peniti Media. Beberapa buku antologi Muara Kasih Ibu, Move on, Go to 2020, dan Move on. 
Tahun 2013 terbit 3 bukunya. 1 buku Parenting berjudul “Seni Mendidik Anak Sesuai Tuntunan Islami” penerbit Mitra widyawacana Jakarta. Novel Hidayah “ Kugelar Sajadah Cinta” penerbit Indie Bentang Pustaka Sidoarjo dan “Deburan Ombak Waktu” penerbit Indie Goresan Pena  Cirebon. Tahun 2015 Buku “SPM Ujian Nasional Bahasa Inggris untuk SMK edisi baru, penerbit Erlangga. Tahun 2016 buku “ The Stories Cakes For Beloved Moms’ penerbit Indie Oksana dan tahun 2017 buku “ The Stories of wonder Women’ Penerbit Mediaguru. Tipuan Asmara (Novel), Wow Engish is So Easy Kids, Perempuan Terbungkas, (Novel) Catatan Religi Bu Kanjeng(Motivasi), Merawat Harapan (Parenting), The Power of Mother’s Prayer (Parenting) Masuk Surga Karena Anak (Parenting)
Kesehariannya ia mengajar, pegiat Literasi, pengurus TPQ di masjid Al Fath, Blogger, Komunitas berbagai kepenulisan baik online maupun offline, salah satunya aktif di blog Gurusiana dan Komunitas sejuta guru ngeblog. Pegiat Literasi Nusantara  dan Duta Bunda Baca Soloraya.
Penulis memiliki 4 orang anak dan suami siaga yang selalu mendukung segala kiprah istrinya yang positif. Penulis bisa dihubungi di astutianamudjono@gmail.com , www.srisugiastutipln.com Akun FB Astutiana. M,@Astutiana.M. IG. Astutianamudjono. Atau WA 089692593804.

Menarik sekali saya mengikuti kuliah belajar menulis online malam ini bersama Om Jay dengan Narasumber ibu Sri Sugiastuti dengan tema berbagi pengalaman menerbitkan buku. Beliau telah banyak menerbitkan buku dari penerbit Mayor sampai penerbit indie. Pengalaman beliau yang pertama menulis buku Ajar bahasa inggris. 
Walaupun beliau berproses sebagai penulis hampir mendekati umur 50 tahun namun beliau tidak patah arang terus berkarya menerbitkan buku karena menurut beliau umur tidak menjadi sebuah penghalang untuk berkarya. 

Pengalaman beliau menulis buku pertama yang diajak oleh teman, walaupun proses pembuatan buku agak cukup lama yaitu selama 6 bulan akhirnya terbit dibulan oktober 2010 yang diterbitkan oleh Erlangga. Alhamdulillah pada tahun 2015 buku yang ditulis beliau laris manis, itulah pengalaman beliau untuk menerbitkan buku dipenerbit Mayor. 

Ditahun 2007 beliau mulai melanjutkan kuliahnya, setelah jeda 25 tahun ibeliau mulai berkenalan lagi dengan Internet dan medsos, keperpustakaan dan sampai menemukan buku karangan kang ewa yang biasa beliau sebutkan, bahwa menulis itu gampang. 

Pengalaman beliau di penerbit indie berkisar tahun 2009 beliau sudah menulis tapi beliau tidak menggunakan nama asli akan nama pena  yaitu Astutiana mujino, karena waktu itu Beliu masih penulis pemula maka yang beliau tulisan apa yang keluar dari isi hati, dengan jumlah 418 halaman. Buku itu menceritakan tentang pertemuan orang tua beliau dikala remaja sampai beliau umur 50 tahun. 

Setelah itu beliau juga banyak menulis buku antologi yang diajak oleh teman teman dari kompasiana dan juga teman teman Blogger. Buku buku antologi yang beliau tulis sudah 50 buku, menurut Beliu dengan menulis bersama teman teman kita bisa belajar dari tulisan dan pasti akhirnya kita mendapatkan cara menulis tersendiri. 


Pertanyaan 1

Lilis Erna Yulianti, SMPN 1 Kertajati Majalengka, Gelombang 12 : Sangat menarik sekali pengalaman ibu berproses menjadi seorang penulis di saat usia makin jelita (jelang 50 thn maksudnya). Saya ingin bertanya kesulitan terbesar ibu selama menulis itu apa? Terima kasih🙏🏻

Perayaan 2 

Alhamdulillah terima kasih banyak ibu atas berbagai kisah nyata yang dapat membuat kami bersemangat dalam menulis dan menerbitkan buku, insya Allah kami akan coba mengikuti jejak ibu pelan pelan, tolong tuntun kami supaya kami bisa menulis dan menerbitkan buku, terimakasih

Pertanyaan 3


Nama: Donieks Smaradhana
Asal : Palangka Raya
Gel.  : 7
Pertanyaannya: ibu mengawali dengan membuat buku pelajaran dengan waktu bisa diterbitkan 6 bulan. Saya ingin membuat buku pelajaran seperti ibu, pengalaman ibu membuat buku pelajaran itu bagaimana cara agar bisa diterbitkan dan apa saja yang perlu diperhatikan agar diterima oleh penerbit dengan persaratan apasaja khususnya buku pelajaran

Dari semua pengalaman yang beliau sampaikan malam ini tentang berbagi pengalaman dalam menerbitkan buku baik penerbit Mayor maupun penerbit indie sudah sangat banyak karya belia, akan kah kita semua jadi seperti beliau,  saya pribadi saja baru dua buku yang diterbitkan itu pun penerbit indie, buku pertama saya dengan judul " Pengantar Seni Budaya " terbit di 2019 dan buku kedua saya dengan judul " Goresan Pena Seorang Guru " yang terbit baru di tahun 2020. Memang menurut saya pribadi harus banyak belajar lagi menulis. Maka kita seorang guru wajib menulis.. 


Edi Syahputra.H S.Pd 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 
https ://edsamatra.blogspot.com

2 komentar: