Pengikut

Senin, 02 November 2020

Pembelajaran Jarak Jauh di masa Pandemi Covid 19.

Pembelajaran Jarak Jauh Di masa Pandemi Covid 19 


Sebelum adanya Pandemi Covid 19  di Negeri kita ini akses untuk berpergian kemana mana  tidak perlu kita mengurus surat Rapid tes ke rumah sakit atau klinik klinik terdekat dan memakai masker kalau kita keluar dari rumah. Kegiatan belajar mengajar pun dilaksanakan secara langsung di kelas tanpa adanya pembatasan sosial. Namun setelah adanya Covid 19 untuk keluar daerah sangat terbatas dengan adanya PSBB disetiap daerah yang diberlakukan oleh pemerintah. 


Kegiatan belajar mengajarkan tidak dilakukan secara langsung oleh para guru disekolah melainkan melalui pembelajaran Jarak jauh. Seperti dengan WAG, Google Claasroom, zoom dan sebagainya, untuk mengatasi penularan  virus Corona dikalangan guru dan siswa yang sedang melanda negeri kita. Solusi tersebut berupa panduan pembelajaran Jarak Jauh bagi guru di situasi wabah  Corona  dengan cara melakukan pembelajaran ini memiliki dua tujuan utama yaitu :


1. Mendorong keterpanduan orangtua, guru dan siswa untuk mempunyai daya belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus Corona. 

2. Memastikan anak mendapatkan pengalaman bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Dijelaskan pula langkah awal yang bisa dilakukan  oleh seorang guru untuk bisa mewujudkan pembelajaran Daring yang berfokus pada kebutuhan siswa. 


Pembelajaran Daring atau jarak Jauh bertujuan untuk menggabungkan teknologi elektronik dan teknologi berbasis Internet. Proses pembelajaran Jarak jauh dapat disampaikan dengan menggunakan berbagai teknik dan teknologi. Bentuk pembelajaran Jarak jauh ini mengharuskan siswa untuk dapat mengakses Internet. Pembelajaran Jarak jauh merupakan pembelajaran yang dilakukan dalam masa Pandemi Covid 19. 


Dari peristiwa yang melanda ini, dapat kita mengambil pelajaran bahwa Covid 19 sangat mengajarkan kita pola hidup sehat, pentingnya menjaga kesehatan serta berhubungan dengan sesama manusia . Walaupun pun wabah ini merebak dan belum tahu kita kapan berakhirnya. Namun, demikian walaupun virus Corona ini masih belum pergi dari sekitar kita akan tetapi belajar jalan terus. Kita sebagai manusia hanya bisa berdoa kepada Allah SWT semoga wabah Corona ini berakhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar