Pengikut

Minggu, 16 Agustus 2020

Limpeng Aceh

 Kue Limpeng Aceh 


Memiliki kekayaan akan kuliner Aceh yang tidak kalah dengan kota kota besar yang ada di Indonesia bahkan didunia.  Namun diantara ribuan makanan Aceh, ada beberapa makanan yang mulai dilupakan bahkan tidak tampak lagi di Aceh. 

Limpeng adalah satu satu makanan khas  Aceh yang sangat Tradisional. Kue Limpeng Aceh ini berbentuk sejenis Pizza yang sering disebut Pizza Aceh.  Pembuatannya sangat mudah, tapi sayang mulai terlupakan di Aceh sendiri. 

Pembuatannya cukup dengan menghaluskan pisang dan sagu (sagee) kemudian diberi garam sesuai selera.

Memasaknya pun sangat mudah atau tidak terlalu sulit, dulu para wanita Aceh memasaknya dengan cara menggepengkan adonan didaun pisang dan kemudian dibakar dengan bara api, namun dizaman serba instan sekarang ini sudah jarang sekali ditemukan di banda aceh   dan baru baru ini dibudaya kan lagi oleh salah satu Coffee dibanda Aceh yaitu di Coffee Bir Pala. 

Mungkin hanya wilayah Aceh  yang terpencil saja, makanan ini baru bisa ditemukan. 

Selain itu pengaruh perkembangan zaman juga mengambil andil dalam punahnya makanan ini. Bagaimana tidak, karakter dan pemikiran masyarakat Aceh sendiri semakin lama semakin tinggi, sehingga malu dan gengsi untuk memakan apalagi membuat makanan Limpeng ini. 

Kue Limpeng ini enak kita kita menyantap diwaktu suasana lagi musim hujan.


Edi Syahputra.H 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar