Pengikut

Minggu, 12 Juli 2020

Awal Mula Suka Menulis










Menurut saya menulis merupakan sesuatu hal yang mengasyikkan. Kita bisa menyimpan kenangan kenangan semasa hidup kita lewat deretan aksara  yang kita ukir dengan indah, lalu kenangan itu akan terasa seperti hidup kembali jika kita membacanya lagi suatu saat nanti dan akan selalu terkenang sampai abadi. 

Salah satu hal yang membuat saya suka menulis adalah itu. Kita bisa mencobanya dan saya yakin akan berefek yang sama untuk kita semua. Walaupun  kendala selalu ada, tapi dengan niat dan tekad yang kuat untuk menulis apapun itu saya yakin pasti anda bisa. 

Sebelum memulai pastinya dibenak kita akan selalu berpikir seperti ini: Buat apa menulis?, saya harus menulis apa?, saya bingung nulis buat siapa nih, gak ada inspirasi?, Atau malas ah nulis, capek nulis gak ada waktu! Benar tidak hayoo?. 

Menulis banyak manfaat nya lho, diantaranya adalah mengingat ilmu, ilmu itu bagaikan air, jika dibiarkan tergenang maka akan menjadi keruh. Tapi bila dialirkan, akan memberi manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Dengan menulis seseorang akan mampu menambah sifat percaya diri, menyalurkan ide dan aspirasi serta menambah wawasan untuk mengekspresikan segala sesuatu melalui tulisan. 

Pertanyaan saya apakah anda suka menulis?.. Bagi yang suka menulis tentu jawabannya adalah "suka" tetapi bagi  yang belum menemukan keasyikan menulis jawabannya adalah "sulit dan/atau tidak suka"  Mengapa demikian, bagi yang sudah bisa menulis atau setidaknya pernah menulis mungkin tidak akan kesulitan untuk memulai menulis. Tapi bagi mereka yang belum pernah sama sekali menulis, mungkin bingung ketika mulai menulis. Untuk yang satu ini, saya sarankan untuk menulis apa saja dan mulailah sekarang juga. Karena kuncinya agar anda bisa menulis adalah, yach memulai untuk menulis. Peganglah pulpen dan sediakan kertas atau hidupkan komputer dan tulislah apa saja yang ada dibenak anda. Perlu anda pahami bahwa sebetulnya menjadi seorang penulis adalah cara meraih kesuksesan tanpa pesaing. Secara umum penulis adalah  jalan yang tidak banyak dipilih orang, jadi satu -satunya pesaing untuk anda menjadi penulis adalah diri anda sendiri. 

Saya ini seorang penulis pemula lho, apakah saya punya bakat menulis?  Dan apakah saya bisa menjadi seorang penulis?Entahlah... tapi dengan optimis saya menjawab "tentu saja saya bisa". Tapi bagaimana caranya?. Jawabannya tidak lain tidak bukan adalah dengan mulai menulis lebih siip...!

Salah satu sahabat saya pernah mempertanyakan pada diri saya, kenapa suka nulis? Saya kemudian menjawab "Saya suka menulis awalnya mengikuti kuliah belajar menulis online Bersama OmJay & PGRI serta suka membaca otomatis saya suka berfikir, karena suka berfikir saya akhirnya jadi berfikir saya ingin menjadi orang yang buku saya baca. Jika ia bisa menulis buku, tentunya saya juga bisa donk....? Jadi sebetulnya sangat simple alasannya kenapa saya suka nulis"  awal dari buku, oleh buku, dan untuk buku ".

Edi syahputra.H S.Pd 
edsamatra.blogspot.com 
SMA Negeri 13 Banda Aceh 

4 komentar:

  1. Bisakah anda kaya dengan menjadi penulis buku?

    Pagi ini saya ke kantor JNE Jatibening di pondok gede Bekasi. Biasanya petugas dari JNE yang ke rumah mengambil buku-buku yang akan dikirimkan ke berbagai kota di Indonesia. Pagi ini saya yang semangat mendatangi kantornya.

    Pertama karena saya ingin mengucapkan terima kasih secara langsung kepada petugas JNE yang sudah ikut membantu memasarkan dan mengirimkan buku-buku saya ke seluruh Indonesia.

    Kedua, ternyata ada buku dari pemesan buku yang katanya buku yang dipesan belum datang juga ke alamatnya. Tentu saja saya langsung mengirimkannya hari ini, karena sudah membayar lunas bukunya.

    Ketiga, sekalian isi bensin motor yang kebetulan sudah habis isinya. Jadi sekalian ke kantor JNE, saya mampir ke pom bensin beli premium di jalan Ratna, Pondok Gede Bekasi.

    Saya ditanya sama petugas JNE yang saya kasih tips pagi ini. Kok bapak bisa ya jadi kaya karena menulis buku? Saya tersenyum saja mendengarnya, karena beliau tidak tahu bagaimana prosesnya dan suka dukanya menjadi penulis buku.

    Lain waktu akan saya ceritakan suka dukanya. Ini sekedar tulisan iseng saja. Sebab istri sudah terlanjur mengajak belanja. Saya tak sanggup menolaknya. Sampai Nanti ya!

    Salam blogger persahabatan
    Omjay
    Guru Blogger Indonesia
    Blog http://wijayalabs.com

    BalasHapus
  2. Luarbiasa mantap benar senantiasa sukses selalu Aamiin

    BalasHapus
  3. menympan kenangan, setuju, menambah ilmu dan wawasan. semangatnya menginspirasi saya pak

    BalasHapus